fbpx

Presiden Jokowi Temui Keluarga Prajurit KRI Nanggala, Janji Berikan Bantuan Rumah untuk Istri Korban

Berita Terkait

Yatim Hidayat
Editor at Propublik.id

JAKARTA, PROPUBLIK – Presiden Joko Widodo menjanjikan pemerintah akan memberi bantuan rumah untuk keluarga prajurit TNI Angkatan Laut yang gugur setelah kapal selam KRI Nanggala 402 karam ke dasar laut.

Dalam kunjungannya di Hanggar Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 29 April 2021, Jokowi disambut oleh Panglima TNI, Kapolri, Kasal beserta segenap pejabat terkait lainnya.

Rombongan pun menuju Hanggar Lanudal Juanda untuk bertemu dengan perwakilan keluarga korban KRI Nanggala 402 yang gugur di Perairan Bali.

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya para patriot bangsa.

“Pertama-tama atas nama negara, pemerintah, rakyat saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala 402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya,” kata Presiden Jokowi, seperti dikutip dari keterangan tertulis Puspen TNI yang ditanda tangani Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto.

Putra putri awak kapal dapat perhatian khusus negara

Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada para awak KRI Nanggala 402 yang gugur atas pengorbanan mereka kepada negara. Hal ini berarti tunjangan untuk keluarga prajurit yang gugur turut meningkat.

Selain itu, putra-putri para awak kapal pun akan mendapatkan perhatian khusus dari negara agar bisa mengenyam pendidikan hingga kuliah di perguruan tinggi.

“Untuk putra-putri dari ibu-ibu sekalian nanti akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi. Tadi saya sampaikan kepada Panglima dan KSAL agar pengaturan dan manajemen mekanismenya semuanya diatur agar rapi,” kata Presiden Jokowi.

Selain itu, pemerintah, kata Jokowi, juga akan membangunkan rumah bagi para keluarga korban KRI Nanggala 402. Terkait lokasi rumahnya, Presiden memberikan kebebasan kepada para keluarga korban untuk menentukan.

“Nantinya ibu-ibu sekalian akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya kami nanti mengikuti ibu-ibu semuanya. Terserah bisa di Gresik, di Sidoarjo, atau di tempat lain. Mekanisme ini nanti tolong Pak KSAL dan Panglima bisa mengaturnya sesegera mungkin sehingga segera nanti bisa ini kita laksanakan,” kata Jokowi.

Puan, Prabowo, Risma, Kapolri turut hadir

Turut hadir pada acara silahturahmi dengan keluarga prajurit KRI Nanggala 402 adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (Pur) Prabowo Subianto, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PUPR Ir. Mochamad Basuki Hadimoeljono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terkini